Monday, March 26, 2018

Promosi Kesehatan (Kunjungan Ante Natal Care)


Promosi Kesehatan : Kunjungan Ante Natal care
Sasaran : Ibu hamil
A.      Tahu :
1.      Memberikan penjelasan melalui pendidikan namun tetap dalam suasana menyenangkan. Dengan tujuannya tetap untuk mempengaruhi klien agar klien dapat mencapai 6 ranah  tingkat pengetahuan tidak hanya sekedar tahu yaitu :
-          Tahu : hanya sebagai recall memori yang telah ada sebelumnya setelah mengamati sesuatu. Misalnya klien tahu bahwa harus memeriksakan kehamilan ke tenaga kesehatan
-          Memahami : tidak hanya sekedar tahu, menyebutkan tapi seseorang tersebut dapat menginterpretasikan secara benar tentang objek yang diketahui tersebut. Misalnya tidak hanya menyebutkan selama kehamilan minimal harus melakukan kunjungan 4 kali, tapi klien juga harus tahu pada usia kehamilan berapa masing-masing kunjungan kehamilan tersebut dapat dilakuan
-          Aplikasi : ia telah memahami objek yang dimaksud dan dapat menggunakan pada situasi yang lain.
-          Analisis : apabila klien sudah dapat membedakan, memisahkan, mengelompokan jika objek telah diketahui misalnya selain kunjungan anc ia juga dapat datang ke fasilitas pelayanan kesehatan jika terjadi keluhan atau masalah selama kehamilannya.
-          Sintesis : kemampuan klien merangkum atau menyusun formulasi baru dari formulasi-formulasi yang telah ada dengan meringkas kata-kata dengan kalimat sendiri
-          Evaluasi : dapat melakukan penilaian terhadap suatu objek tertentu. Misalnya seseorang dapa menilai apa manfaat dari melakukan kunjungan kehamilan.
2.      Sikap dan penampilan yang meyakinkan, tidak boleh ragu-ragu
3.      Suara hendaknya cukup keras dan jelas
4.      Pandangan harus tertuju keseluruh peserta
5.      Mengajukan pertanyaan pada responden yang gunanya untuk mengetahui berapa % responden yang tahu tentang pentingnya kunjungan antenatal care & berapa % yang tidak tahu.
6.      Bila ditempat ramai berdiri ditengah-tengah tidak boleh duduk
7.      Menggunakan alat bantu semaksimal mungkin à menarik peserta
8.      Menciptakan kepercayaan
Metode: metode promosi kesehatan kelompok seperti overhead projector, slide projector, sound sistem dan sebagainya.
Tujuan : memunculkan kesadaran, tertarik terhadap informasi yang disampaikan
B.       Attitude
1.    Attitude (+)
-          Memunculkan daya tarik à pemanfaatan media semaksimal mungkin
-          Memberikan kemudahan, misalnya kita ingin agar ibu hamil memanfaatkan puskesmas, maka puskesmas didekatkan ke masyarakat.
-          Pembayarannya terjangkau, serta pelayanan baik dan ramah
-          Menciptakan kepercayaan
-          Melakukan penilaian dengan mengajukan pertanyaan secara lansung misalnya bagaimana pendapat responden tentang kunjungan antenata care? Dapat juga dilakukan penilaian tidak lansung misalnya seandainya dibangun polindes di desa ini apakah saudara akan melakukan kunjungan ante natal care?

2.    Attitude (-)

-          Melakukan penilaian dengan mengajukan pertanyaan secara lansung misalnya bagaimana pendapat responden tentang kunjungan antenata care? Dapat juga dilakukan penilaian tidak lansung misalnya seandainya dibangun polindes di desa ini apakah saudara akan melakukan kunjungan ante natal care? Bagaimana menurut pendapat anda peraturan yang mewajibakan seluruh ibu hamil wajib melakukan kunjungan Ante Natal Care?
-          Dengan membina hubungan baik dengan key person untuk memperoleh penguatan
-          Dengan paksaan misalnya dengan peraturan yang sebelumnya telah melakukan pendekatan seperti bapak kepala desa yang berisi bahwa yang tidak melakukan ANC akan dikenakan denda.
-          Menunjukan dengan contoh-contoh. Misalnya dampak pada ibu yang tidak melakukan kunjungan AnteNatal Care.
-          Memberikan kesadaran dan motivasi pentingnya kunjungan ANC apa untungnya dari kunjungan ANC dan apa kerugianya jika tidak melakukan kunjungan
-          Menggunakan alat bantu semaksimal mungkin à menarik peserta
-          Merespon memberikan jawaban pada setiap pertanyaan
-          Menghargai artinya mengajak untuk mendiskusikan suatu masalah

Metode : promosi kesehatan individual dengan melakukan komunikasi lansung (face to face) maupun menggunakan media seperti kuisioner dan sebagainya.

C.      Action
1.      Dilakukan penilaian pada klien yang sudah berhasil sampai tahap ini. Pengukuran tindakan dapat dilakukan secara lansung yaitu dengan mengobservasi tindakan atau kegiatan responden. Misalnya klien telah melaksanakan kunjungan ANC selama kehamilan minimal 4 kali kunjungan dengan urutan kunjungan benar sesuai usia kehamilan (pada kehamilan normal) à sudah merupakan suatu kebiasaan dari klien
2.      Konsisten dalam memberikan informasi à mencegah hilangnya kepercayaan yang telah dibangun
3.      Dapat juga mengajukan pertanyaan seperti: apakah pada keahmilan terakhir ini melakukan pemeriksaan hamil, berapa kali, dimana dan sebagainya.

Metode : promosi kesehatan individual dengan melakukan komunikasi lansung (face to face) maupun menggunakan media seperti telepon, kuisioner dan sebagainya.

Tujuan : subjek mulai mencoba melakukan sesuatu sesuai dengan apa yang dikehendaki dalam promosi untuk menolong dirinya sendiri secara mandiri ada kesadaran, merasa tertarik pada promosi tersebutà sesuai dengan pengetahuan, sikap yang telah diperoleh.

No comments: