Wednesday, January 16, 2013

SAP periksa dalam (vaginal toucher)


SATUAN ACARA PEMBELAJARAN ( SAP )


A.    Identifikasi Mata Kuliah

Mata Kuliah                            : Asuhan Persalinan (ASKEB II)
Kode Mata Kuliah                  : 302
SKS / Semester                       : 4  SKS  (T= 1, P= 3 )/ III
Waktu Pembelajaran               : 30 Menit
Pertemuan ke                          : I (Satu)
Dosen  Pengajar                      : Anjelina Puspita Sari


B.                               TIU                                         :  Setelah mengikuti mata kuliah Askeb II, mahasiswa mampu melaksanakan asuhan kebidanan pada ibu  
                                       bersalin kala I

C.     TIK                                         : Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa mampu menjelaskan tindakan periksa dalam (vaginal toucher)
  dengan benar.

D.    Pokok Bahasan                      : Periksa Dalam ( Vagina Toucher )

E.     Sub Pokok Bahasan                :  1. Konsep Dasar Vaginal Toucher
                                                   2. Tujuan Tindakan Vaginal Toucher
                                                   3. Indikasi dan Kontraindikasi Tindakan Vaginal Toucher
                                                   4. Hal-hal yang Dinilai Saat Vaginal Toucher
                                                  
                                                  







F.      Proses Belajar Mengajar


TAHAP
KEGIATAN

KEGIATAN DOSEN

KEGIATAN MAHASISWA

METODE PEMBELAJARAN

MEDIA PEMBELAJARAN
ESTIMASI WAKTU
T
P

Pendahuluan

1.   Memberi salam
2.   Perkenalan dosen dan mahasiswa
3.   Menjelaskan hubungan antara materi yang yang akan dipelajari hari ini dengan materi yang telah dipelajari sebelumnya.
4.   Menyampaikan tujuan pembelajaran  yang harus dicapai mahasiswa pada akhir pembelajaran
5.   Menyampaikan pokok bahasan materi yang dibahas, referensi dan metode yang akan digunakan untuk pencapaian tujuan


Menjawab salam
Memperhatikan
Memperhatikan


Memperhatikan


Memperhatikan


Ceramah


LCD, Laptop, Spidol dan white board

5







Penyajian

1.      Menjelaskan konsep dasar vaginal toucher
2.      Menjelaskan tujuan tindakan vaginal toucher
3.      Menjelaskan indikasi dan kontraindikasi tindakan vaginal toucher
4.      Meminta mahasiswa untuk menyebutkan kembali tujuan tindakan vaginal toucher
5.      Memperjelas jawaban yang yang diampaikan mahasiswa
6.      Menjelaskan hal-hal yang dinilai saat vaginal toucher
7.      Meminta mahasiswa menyebutkan kembali hal-hal yang dinilai saat vaginal toucher
8.      Memperjelas jawaban yang disampaikan mahasiswa
9.      Memberi kesempatan pada mahasiswa untuk bertanya
10.  Memberi kesempatan pada mahasiswa lain untuk menjawab
11.  Menyimpulkan dan menegaskan jawaban yang benar


Memperhatikan dan Mencatat

Memperhatikan dan Mencatat
Menjawab
Meperhatikan
Memperhatikan dan mencatat
Memperhatikan dan mencatat
Menjawab


Memperhatikan

Bertanya

Mencoba menjawab
Memperhatikan



Ceramah




Tanya Jawab



Ceramah

Tanya Jawab


Ceramah

Tanya Jawab



Ceramah

LCD dan Laptop


20’








 






Penutup

1.  Melakukan evaluasi
2.  Meminta mahasiswa menyimpulkan seluruh materi yang telah dibahas
3.  Menyimpulkan seluruh materi yang telah dibahas
4.  Memberi gambaran umum tentang perkuliahan yang akan datang
5.  Mengucapkan salam

Menjawab
Menyimpulkan



Memperhatikan

Menjawab salam


Ceramah

LCD dan Laptop

5’







G.    Evaluasi

1.      Sebutkan pengertian tindakan vaginal toucher
2.      Sebutkan tujuan tindakan vaginal toucer
3.      Sebutkan indikasi dan kontraindikasi tindakan vaginal toucher
4.      Sebutkan hal-hal yang dinilai saat vaginal toucher


H.    Sumber / Referensi

1.  Sumarah. 2009. Perawatan Ibu Bersalin (Asuhan Kebidanan Pada Ibu Bersalin). Jogjakarta : Fitramaya
2.  JNPK-KR . 2009. Buku acuan persalinan normal dan inisiasi menyusui dini. Jakarta. Depkes RI. Hal 43-57
3.  Varney, 2004. Varney’s Midwifery. London : Jones and Bartlett Publishers. Hal 347-360
4.  Johnson, Wendy Taylor. 2005. Buku Ajar Praktik Kebianan.Jakarta : EGC. Hal 201-207

 

No comments: