SATUAN ACARA PEMBELAJARAN ( SAP )
A. Identifikasi Mata Kuliah
Mata Kuliah : Asuhan Persalinan (ASKEB II)
Kode Mata Kuliah : 302
SKS / Semester : 4 SKS (T= 1, P= 3 )/ III
Waktu Pembelajaran : 30 Menit
Pertemuan ke :
I (Satu)
Dosen Pengajar : Anjelina Puspita Sari
B.
TIU : Setelah mengikuti mata kuliah Askeb
II, mahasiswa mampu melaksanakan asuhan kebidanan pada
ibu
bersalin kala I
C.
TIK :
Setelah mengikuti mata kuliah
ini mahasiswa mampu menjelaskan tindakan periksa dalam (vaginal toucher)
dengan benar.
D.
Pokok
Bahasan : Periksa Dalam ( Vagina Toucher )
E.
Sub Pokok
Bahasan : 1. Konsep Dasar Vaginal Toucher
2. Tujuan Tindakan Vaginal Toucher
3. Indikasi dan Kontraindikasi Tindakan
Vaginal Toucher
4. Hal-hal yang Dinilai Saat Vaginal Toucher
F. Proses Belajar Mengajar
TAHAP
KEGIATAN
|
KEGIATAN DOSEN
|
KEGIATAN MAHASISWA
|
METODE PEMBELAJARAN
|
MEDIA PEMBELAJARAN
|
ESTIMASI WAKTU
|
|
T
|
P
|
|||||
Pendahuluan
|
1. Memberi
salam
2. Perkenalan
dosen dan mahasiswa
3. Menjelaskan hubungan antara materi
yang yang akan dipelajari hari ini dengan materi yang telah dipelajari
sebelumnya.
4. Menyampaikan tujuan pembelajaran yang harus dicapai mahasiswa pada akhir pembelajaran
5. Menyampaikan
pokok bahasan materi yang dibahas, referensi dan metode yang akan digunakan
untuk pencapaian tujuan
|
Menjawab salam
Memperhatikan
Memperhatikan
Memperhatikan
Memperhatikan
|
Ceramah
|
LCD,
Laptop,
Spidol dan white board
|
5’
|
|
Penyajian
|
1.
Menjelaskan konsep dasar vaginal toucher
2. Menjelaskan tujuan tindakan vaginal
toucher
3. Menjelaskan indikasi dan kontraindikasi
tindakan vaginal toucher
4. Meminta mahasiswa untuk menyebutkan
kembali tujuan tindakan vaginal toucher
5. Memperjelas jawaban yang yang diampaikan
mahasiswa
6.
Menjelaskan
hal-hal yang dinilai saat vaginal toucher
7.
Meminta
mahasiswa menyebutkan kembali hal-hal yang dinilai saat vaginal toucher
8.
Memperjelas
jawaban yang disampaikan mahasiswa
9. Memberi kesempatan pada mahasiswa untuk
bertanya
10. Memberi kesempatan pada mahasiswa lain
untuk menjawab
11. Menyimpulkan dan menegaskan jawaban yang
benar
|
Memperhatikan dan Mencatat
Memperhatikan dan Mencatat
Menjawab
Meperhatikan
Memperhatikan dan mencatat
Memperhatikan dan mencatat
Menjawab
Memperhatikan
Bertanya
Mencoba menjawab
Memperhatikan
|
Ceramah
Tanya Jawab
Ceramah
Tanya Jawab
Ceramah
Tanya Jawab
Ceramah
|
LCD
dan Laptop
|
20’
|
|
Penutup
|
1. Melakukan evaluasi
2. Meminta mahasiswa menyimpulkan seluruh
materi yang telah dibahas
3. Menyimpulkan
seluruh materi yang telah dibahas
4. Memberi gambaran umum tentang
perkuliahan yang akan datang
5. Mengucapkan
salam
|
Menjawab
Menyimpulkan
Memperhatikan
Menjawab salam
|
Ceramah
|
LCD
dan Laptop
|
5’
|
G.
Evaluasi
1. Sebutkan pengertian tindakan vaginal
toucher
2. Sebutkan tujuan tindakan vaginal toucer
3. Sebutkan indikasi dan
kontraindikasi tindakan vaginal toucher
4. Sebutkan hal-hal yang dinilai saat vaginal
toucher
H.
Sumber / Referensi
1. Sumarah. 2009. Perawatan Ibu Bersalin (Asuhan Kebidanan
Pada Ibu Bersalin). Jogjakarta : Fitramaya
2. JNPK-KR . 2009. Buku acuan persalinan
normal dan inisiasi menyusui dini. Jakarta. Depkes RI. Hal 43-57
3. Varney,
2004. Varney’s Midwifery. London : Jones and Bartlett Publishers. Hal 347-360
4. Johnson,
Wendy Taylor. 2005. Buku Ajar Praktik Kebianan.Jakarta : EGC. Hal
201-207
No comments:
Post a Comment