Wednesday, January 16, 2013

SAP AKDR


SATUAN ACARA PEMBELAJARAN

MATA KULIAH                              : Pelayanan KB
KODE MATA KULIAH                  : BD. 308
SKS/SEMESTER                             : 3 SKS ( T: 1, P:2 ) / IV ( Empat )
WAKTU PEMBELAJARAN         : 30 Menit
PERTEMUAN KE                           : I ( Satu )
DOSEN PENGAJAR                       : Anjelina Puspita Sari

A.           TUJUAN
1.      TIU                                     : Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa mampu melakukan pelayanan kontrasepsi Alat Kontrasepsi
  Dalam Rahim (AKDR).
2.      TIK                                     : Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa mampu melakukan pemasangan AKDR, mulai dari  
                                               persiapan alat dan bahan, hingga langkah- langkah yang sesuai dengan standar dan prosedur pemasangan.          

B.            POKOK BAHASAN                            : Alat Kontrasepsi Dalam Rahim (AKDR)

C.           SUB POKOK BAHAAN        : Pemasangan Alat Kontrasepsi Dalam Rahim (AKDR)


D.          PROSES BELAJAR MENGAJAR
TAHAP KEGIATAN
KEGIATAN DOSEN
KEGIATAN MAHASISWA
METODE
MEDIA DAN ALAT PENGAJARAN
ESTIMASI WAKTU
DAFTAR PUSTAKA
T
P
pendahuluan
1.   Memberi salam
2.   Perkenalan dosen dan mahasiswa
3.   Menjelaskan hubungan antara materi yang yang akan dipelajari hari ini dengan materi yang telah dipelajari sebelumnya.
4.   Menyampaikan tujuan pembelajaran  yang harus dicapai mahasiswa pada akhir pembelajaran
5.   Menyampaikan pokok bahasan materi yang dibahas, referensi dan metode yang akan digunakan untuk pencapaian tujuan

Menjawab salam
Memperhatikan

Memperhatikan




Memperhatikan



Memperhatikan

ceramah
LCD, Laptop, Spidol dan white board
5’


penyajian
1.    Menjelaskan teori singkat tentang AKDR
2.    Melakukan simulasi pemasangan AKDR
3.    Melakukan demonstrasi pemasangan AKDR
4.    Memberi kesempatan siswa untuk bertanya
5.    Meminta perwakilan salah seorang siswa untuk melakukan redemonstrasi pemasangan AKDR
6.    Mengevaluasi redemonstrasi siswa
Memperhatikan dan mencatat
Memperhatikan

Memperhatikan

Bertanya

Salah satu mahasiswa mempraktikkan kembali di depan kelas

Ceramah, Tanya jawab, simulasi dan demonstrasi









LCD dan Laptop
Alat, bahan, dan perlengkapan
Jobsheet
Daftar tilik

5


15’
Buku: 1, 2, 3 dan 4.
penutup
1.   Meminta mahasiswa menyimpulkan seluruh materi yang telah dibahas
2.  Memberi gamabaran umum tentang perkuliahan yang akan datang
3.  Mengucapkan salam
Memperhatikan


Memperhatikan


Menjawab salam

Ceramah
LCD dan Laptop
5’



E.  EVALUASI
Evaluasi dilakukan dengan cara meminta salah seorang mahasiswa untuk melakukan pemasangan AKDR, mulai dari persiapan alat dan bahan, hingga langkah-langkah yang sesuai dengan standar dan prosedur pemasangan dengan menggunakan daftar tilik.

F.   DAFTAR PUSTAKA
1.      Anggraini, Yetti. 2011. Pelayanan Keluarga Berencana. Yogyakarta: Rohima Press. Hal 184-189
2.      Arum, Dyah Noviawati Setya. 2009. Panduan Lengkap Pelayanan KB Terkini. Jogjakarta: Mitra Cendikia. Hal 145-161
3.      Hidayati, Ratna. 2009. Metode dan Teknik Penggunaan Alat Kontrasepsi. Jakarta : Salemba Medika. Hal 41-48
4.       Saifuddin, Abdul bari. 2006. Buku Panduan Praktis Pelayanan Kontrasepsi. Hal PK-3-11

No comments: