Wednesday, January 16, 2013

Abstrak partus spontan dengan presentasi bokong


ABSTRACT

“ ASUHAN KEBIDANAN PADA NY.  ’’A ’’   PARTUS SPONTAN DENGAN  PRESENTASI BOKONG
DI PAVILIUN  MARIA RS. RK. CHARITAS
PALEMBANG TAHUN 2010 “


Logo Stikes

OLEH :
Anjelina Puspita Sari
20.01.07.00.62

Dosen Pengampuh      : Aisyah Syahab, S.Pd
   Mata Kuliah                : Bahasa Inggris





PRODI DIV BIDAN PENDIDIK
STIKES MITRA ADIGUNA
PALEMBANG
2012
PROGRAM STUDI D III KEBIDANAN
STIKes PERDHAKI CHARITAS PALEMBANG

Karya Tulis Ilmiah,                 Juli 2010
Anjelina Puspita Sari
“Asuhan   Kebidanan  pada Ny “A” Partus Spontan Dengan Presentasi Bokong di Paviliun Maria Rumah Sakit RK. Charitas Palembang”.
x + 72 = 2 lampiran

ABSTRAK

       Presentasi bokong yaitu suatu keadaan dimana janin dalam posisi membujur atau memanjang, kepala berada pada fundus sedangkan bagian terendah adalah bokong (Sumarah, 2009). Letak sungsang terjadi dalam 3 - 4 % dari persalinan yang ada. Angka kejadian partus spontan dengan presentasi bokong  pada 3 tahun terakhir dirumah sakit Charitas tahun 2007 sebanyak 24 orang, tahun 2008 sebanyak 23 orang, tahun 2009 sebanyak 26 orang. Pasien dengan presentasi bokong yang dirawat di Rumah Sakit Charitas merupakan rujukan dari berbagai tempat, maupun mereka yang datang atas kemauan sendiri. Mengingat, persalinan sungsang morbiditas dan mortalitas bayi lebih besar dibandingkan dengan persalinan letak kepala. maka ini sangat penting untuk diperhatikan guna menurunkan angka kematian ibu dan prenatal.
        Karya Tulis Ilmiah ini merupakan karya ilmiah dari kegiatan asuhan kebidanan pada Ny. “A” partus spontan dengan presentasi bokong di paviliun Maria RS. RK. Charitas Palembang tahun 2010, yang bertujuan untuk mengantisipasi terjadinya komplikasi dalam melaksanakan asuhan kebidanan dan penatalaksanaan yang diberikan dengan menggunakan langkah- langkah asuhan kebidanan 7 langkah Varney. Hasil dari asuhan yang dilakukan ibu melahirkan secara spontan, keadaan ibu dan bayi baik, tidak terjadi komplikasi dan pulang dengan keadaan sehat.
     Kesimpulan : penanganan dan perawatan yang cepat dan tepat serta tenaga kesehatan yang terampil ibu partus spontan dengan presentasi bokong akan membawa hasil yang baik dengan demikian akan menurunkan morbiditas dan mortalitas ibu dan bayi.
Saran : untuk para Dokter / Bidan agar tetap mempertahankan asuhan yang selama ini sudah berjalan dengan baik. Untuk ibu agar rajin kontrol dan menuruti anjuran yang diberikan oleh Dokter/ Bidan.
Daftar bacaan    :      14      ( Tahun 1995 -  2009 )





D III MIDWIFERY STUDIES PROGRAM
Stikes PERDHAKI
CHARITAS PALEMBANG

Scientific Writing,
        July 2010
Anjelina Puspita Sari
"Midwifery Care for Mrs." A "Spontaneous parturition
With  Breech Presentation at the Pavilion Maria Hospital RK. Charitas Palembang ".
x + 72 = 2 attachments

                                                               ABSTRACT

Breech presentation is a condition in which the fetus is in a longitudinal position or lengthwise, the head is in the fundus, while the lowest part is the butt (Sumarah, 2009). Breech position occurs in 3-4% of the available labor. The incidence of spontaneous parturition breech presentation in the last 3 years of Charitas hospital in 2007 as many as 24 people, in 2008 as many as 23 people, in 2009 as many as 26 people. Patients with breech presentation who were treated at Charitas Hospital is a referral from a variety of places, and those who came on their own. Given, breech delivery morbidity and infant mortality higher than the delivery location of the head. it is very important to note that in order to reduce maternal and prenatal mortality. Scientific Writing is a scientific work of midwifery care activities in Ny. "A" spontaneous parturition with breech presentation in the pavilion Maria Hospital. RK. Charitas Palembang in 2010, which aims to anticipate the occurrence of complications in carrying out midwifery care and treatment given to the use of midwifery care measures 7 steps Varney. Results of maternal care performed spontaneously, state maternal and infant well, no complications and home health. Conclusion: The treatment and care rapid and precise and skilled health personnel spontaneous parturition mothers with presentation breech layout will bring good results will thus decrease the morbidity and mortality of mothers and babies. Suggestion: for the doctor / midwife to retain the care that had been going well. For mothers to be diligent control and follow the advice given by the doctor / midwife.

The reading list: 14 (Year 1995 - 2009)









Sungsang adalah suatu kondisi di mana janin berada dalam posisi longitudinal atau longitudinal, kepala berada di fundus, sedangkan bagian terendah adalah pantat (Sumarah, 2009). Posisi sungsang terjadi pada 3-4% dari tenaga kerja yang tersedia. Insiden presentasi partus spontan sungsang dalam 3 tahun terakhir Charitas rumah sakit pada tahun 2007 sebanyak 24 orang, tahun 2008 sebanyak 23 orang, tahun 2009 sebanyak 26 orang. Pasien dengan posisi sungsang yang dirawat di Rumah Sakit Charitas adalah rujukan dari berbagai tempat, dan orang-orang yang datang sendiri. Mengingat, morbiditas pengiriman sungsang dan kematian bayi lebih tinggi dari lokasi pengiriman kepala. sangat penting untuk dicatat bahwa dalam rangka untuk mengurangi angka kematian ibu dan perinatal. Penulisan Ilmiah merupakan karya ilmiah kegiatan asuhan kebidanan pada Ny. "A" partus spontan dengan presentasi sungsang di paviliun Rumah Sakit Maria. RK. Charitas Palembang pada tahun 2010, yang bertujuan untuk mengantisipasi terjadinya komplikasi dalam melaksanakan asuhan kebidanan dan pengobatan yang diberikan kepada penggunaan asuhan kebidanan mengukur 7 langkah Varney. Hasil dari perawatan ibu dilakukan secara spontan, negara ibu dan bayi dengan baik, tidak ada komplikasi dan kesehatan rumah. Kesimpulan: pengobatan dan perawatan tenaga kesehatan yang cepat dan tepat dan terampil ibu nifas spontan dengan tata letak sungsang akan membawa hasil yang baik sehingga akan mengurangi kesakitan dan kematian ibu dan bayi. Saran: untuk dokter / bidan untuk mempertahankan perawatan yang telah berjalan dengan baik. Untuk ibu menjadi kontrol yang rajin dan mengikuti saran yang diberikan oleh dokter / bidan.

No comments: